Khawatir Mangkrak, Jokowi Minta Awasi Proyek Infrastruktur


BLOGGER - Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana mengatakan, di luar agenda yang sudah dijadwalkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendadak mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Daruba di Desa Juanga, Morotai Selatan, hari ini.

Menurutnya, PLTS Daruba adalah pembangkit listrik yang memiliki kapasitas 600 KW, namun kini tidak dapat beroperasi secara optimal. "Otomatisnya rusak, sehingga yang dipakai hanya manual, tapi ada yang mangkrak juga yang di Halmahera," kata Ari menirukan Jokowi, Rabu (6/4/2016).

Dalam pandangan Jokowi, kata dia, meski berada di daerah, infrastruktur harus tetap dilakukan manajamen pengawasan dan manajemen kontrol. "Kita harus lihat (PLTS) segede ini yang pegang hanya satu orang. Coba lihat ke dalam perangkat seperti apa gedenya kayak gitu, banyaknya kayak gitu," ujarnya.

Ari mengatakan, Jokowi saat meresmikan sejumlah pembangkit listrik tenaga surya dan pembangkit listrik tenaga mikro hydro kemarin juga mengingatkan pentingnya pemeliharaan dan pengawasan.

"Saya senang sekarang di sini dibangun PLTS, meskipun kecil tapi bermanfaat. Saya titip satu saja, masalah pemeliharaan. Orang Indonesia ini paling tidak bisa merawat, bangunnya pintar, buatnya pintar, tapi merawatnya enggak bisa. Jangan bongan-bangun tapi merawatnya tidak bisa," tandasnya. (sn)
Share on Google Plus

About Fatwa Pujangga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment