Sindir Ahok Soal Reklamasi, Menteri Susi : Harusnya Pikirkan Dulu Dampak Lingkungan.

Sindir Ahok Soal Reklamasi, Menteri Susi : Harusnya Pikirkan Dulu Dampak Lingkungan.

BLOGGER - Izin reklamasi yang dikeluarkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menjadi pembicaraan hangat belakangan. Hal ini karena izin tersebut dianggap menyalahi aturan yang berlaku. 

Bahkan, pria yang akrab disapa Ahok itu dinilai telah melangkahi wewenang Pemerintah Pusat dalam penerbitan izin tersebut. Seharusnya, reklamasi baru bisa berjalan setelah adanya rekomendasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Menteri KKP, Susi Pudjiastuti mengatakan sesuai dengan peraturan yang berlaku, rekomendasi hanya dapat diberikan selama aturan tentang analisis dampak lingkungan dipenuhi. 

Dalam hal ini, tak hanya persoalan apakah reklamasi memperburuk kondisi Ibu Kota seperi banjir, namun juga kehidupan para nelayan yang mencari nafkah di kawasan Teluk Jakarta.

"Saya tidak setuju kalau nelayan yang pasti mata pencahariannya dapat terganggu dengan reklamasi hanya diberi ganti rugi rumah saja, tapi harus future life diperhatikan lebih dulu," ujar Susi dalam diskusi di salah satu stasiun televisi swasta, Selasa (5/4).

Ia menjelaskan reklamasi memang memberikan banyak dampak terhadap lingkungan. Untuk itu, sejumlah upaya yang mencegah hal itu terjadi harus dipenuhi lebih dahulu. Seperti pendalaman sungai dan laut, pembuatan bendungan, serta penampungan air.

"Jika sudah sesuai dengan aturan yang tentunya dipikirkan terlebih dahulu tak akan menimbulkan dampak lingkungan, izin bisa dikeluarkan tidak perlu dalam waktu lama," jelas Susi.[republika]
Share on Google Plus

About Fatwa Pujangga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment