Cina Bangun Mercusuar di Laut Cina Selatan


BLOGGER - Cina mulai menyalakan menara suar di pulau buatan yang terletak di Laut Cina Selatan di dekat tempat kapal perang Amerika Serikat berlayar tahun lalu untuk menantang tuntutan wilayah oleh Cina.

Kegiatan ini adalah bentuk keseriusan Cina menuntut pengakuan banyak tempat di Laut Cina Selatan, yang kaya sumber daya alam dan merupakan jalur pelayaran dagang dengan nilai lima triliun dolar setiap tahunnya.

Namun negara-negara tetangga seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam juga mengakui wilayah yang diperebutkan tersebut.

Menurut berita yang disiarkan oleh Kantor Berita Cina, Xinhua, Selasa (5/4/2016), Kementerian Perhubungan Cina menyelenggarakan upacara penyelesaian pembangunan menara suar setinggi 55 meter di Subi Reef yang pembangunanannya dimulai pada Oktober.

Kapal perusak berpeluru kendali dari AS, USS Lassen, berlayar dalam jarak 12 mil laut dari Subi Reef pada Oktober, memicu kemarahan Cina yang menggerutu dan menyebutnya sebagai perbuatan tidak bertanggung jawab.

Subi Reef adalah pulau buatan yang dibangun oleh Cina dengan menguruk pasir kerukan selama tahun lalu.

Sebelum Cina mengubahnya menjadi pulau, Subi Reef adalah tempat yang tenggelam pada saat gelombang pasang.

Ketentuan Perserikatan Bangsa-bangsa mengenai hukum laut terkait batas 12 mil laut tidak dapat diterapkan dari pulau buatan manusia yang dibangun di atas gosong karang.

Cina menyatakan bahwa bangunan di Laut Cina Selatan itu dimaksudkan untuk memenuhi ketentuan internasional mengenai keamanan maritim, kepentingan pencarian dan penyelamatan serta penelitian ilmiah.

Mengenai menara suar tersebut, juru bicara Kementerian Luar Negeri Lu Kang mengatakan bahwa Cina mempersembahkan menara suar itu untuk kepentingan bersama demi keamanan dan kebebasan pelayaran yang akan membantu kepentingan niaga di perairan.

Xinhua mengatakan bahwa menara suar yang menyorotkan cahaya putih pada malam hari akan menyediakan jasa pelayaran untuk menentukan posisi, panduan jalur dan keamanan pelayaran yang dapat meningkatkan tata kelola tanggap darurat.

Laut Cina Selatan merupakan kawasan laut yang penting dan menjadi daerah penangkapan ikan.

Cina mempunya proyek menara suar pada dua tempat lain, yaitu di Cuarteron Reef dan Johnson South Reef. [ts]
Share on Google Plus

About Fatwa Pujangga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment