Pakar Geografi UI : Reklamasi Hanya Untuk Kepentingan Orang Berduit.

Pengamat UI : Reklamasi Hanya Untuk Kepentingan Orang Berduit.

BLOGGER - Dosen Departemen Geografi Fakultas MIPA Universitas Indonesia (UI) Djamang Ludiro mempertanyakan alasan reklamasi di 17 pulau Teluk Jakarta. Reklamasi dengan membangun pulau baru itu hanya bisa dinikmati kalangan tertentu. Di sisi lain, warga DKI Jakarta butuh pantai yang luas.

"Jadi alasannya apa membangun pulau-pulau baru yang sebenarnya memenuhi kebutuhan orang-orang kelas atas," kata dia kepada Republika.co.id, Rabu (6/4). Untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal, dia mencontohkan, pembangunan tempat hunian penduduk secara vertikal di DKI Jakarta masih sangat dimungkinkan.

Dia menambahkan, adanya reklamasi membuat daerah hasil tangkapan nelayan di Teluk Jakarta menjadi menjauh. Ikan hasil tangkapan nelayan pun semakin sedikit.  "Pengaruh transportasi nelayan untuk mencari ikan, pengaruh dari hasil tangkapan, dan pengaruh dari sedimentasi dan sebagainya. Banyak lah dampaknya yang belum terkaji," tegas dia.

Ditambah lagi, reklamasi pulau akan membutuhkan pembangunan kabel listrik bawah laut. Hal itu, kata dia, menjadikan ruwetnya DKI Jakarta.

"Jadi saya tidak mendengar (reklamasi) untuk mengatasi permasalahan perumahan di DKI Jakarta," jelas dia. Kalaupun untuk  membangun perumahan, nantinya perumahan yang notabene berharga miliaran rupiah itu buat siapa. Sementara penduduk yang masih membutuhkan perumahan adalah menengah ke bawah. "Yang selalu terkena isu penggusuran," kata dia.[republika]
Share on Google Plus

About Fatwa Pujangga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment